Kamis, 27 Juni 2013

TUGAS MAKALAH KEWIRAUSAHAAN

NAMA                                    : SYIFA RAGUSTIA PRABOWO
KELAS                                   : 2DA01
NPM                                       :48211267
MATA KULIAH                   : KEWIRAUSAHAAN
DOSEN                                  : BUDIMAN














DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………….            1
BAB I  PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG……………………………………………………………...            2
B.     TUJUAN…………………………………………………………………………....            3
C.     MANFAAT………………………………………………………………………....            3
BAB II PERENCANAAN PEMASARAN
A.    TARGET PASAR ………………………………………………………………….            4
B.     PROMOSI………………………………………………………………….……….            4
C.     STRATEGI……………………………………………………………………........ 4
D.    9 ASPEK KEWIRAUSAHAAN…………………………………………………...           5
BAB III PERENCANAAN BISNIS
A.    ESTIMASI BIAYA…………………………………………………………...........            6
BAB IV PENUTUP
A.    KESIMPULAN……………………………………………………………………. 8







KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada tuhan yang maha esa, karena atas berkat dan limpahan rahmatnyalah maka saya boleh menyelesaikan sebuah makalah dengan tepat waktu.

Terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan membimbing selama dalam proses pelaksanaan kewirausahaan
Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan , walaupun penulis masih berusaha untuk menyelasaikan sebaik-baiknya.
Akhir kata , semoga Allah Yang Maha Pengasih da Maha Penyayang melimpahkan berkaj dan anugerah-nya kepada semua pihak dan membalas semua amal ibadahnya.Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pihak yang memerlukan.









1
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam hal ini kewirausahaan sangatlah penting untuk membuka lapangan pekerjaan yang baiik. Kewirausaan adalah usaha yang mungkin banyak diminati oleh banyak orang. Mereka dapat mengembangkan modal dengan cara melakukan suatu usaha yang dapat memberikan peluang bagi mereka yang tidak mempunyai pekerjaan. Usaha seharusnya dirintis dari usaha kecil yang lama-lama akan menjadi usaha besar. Dalam pengembangan kewirausahaan memang sangat memerlukan ketelatenan dan kesabaran apabila ingin menuju kesuksesan.
Usaha kecil menengah itulah salah satu contoh usaha yang mungkin sekarang ini banyak kita temukan. Mereka  menjalankan usahanya dengan modal yang seminimal mungkin dan dapat hasil yang lumayan. Mereka juga menganggap bahwa usaha yang dibangun dari hal terkecil maka akan membuahkan hasil yang lebih baik lagi.
Salah satu contoh usaha kecil menengah adalah usaha soto yang didirikan oleh ibu sri, itu dapat di kategorikan sebagai usaha kecil menengah. Beliau telah mengelola modal untuk usaha tersebut dengan sebaik mungkin. Pendapatan yang telah didapatkannya selama ini sudah cukup lumayan. Pengelolaan yang sangat baik telah diterapkan dalam usaha ini, sehingga mengetahui pemasukan maupun pengeluaran yang harus dirinci.
Memang  sekarang ini kewirausaan  sangatlah penting dan juga dikategorikan sebagai kebutuhan. Usaha yang maju akan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Selain itu juga dapat memberi peluang yang luas bagi mereka yang belum memiliki pekerjaan. Jadi kewirausaan lebih banyak untungnya dari pada ruginya apabila dikelola dengan sebaik mungkin.




2

B.     Tujuan
Tujuan dari observasi ini penulis ingin mengetahui bagaimana cara mengembangkan usaha mandiri atau usaha kewirausahaan yang karakteristiknya usaha kecil menengah agar dapat berkembang. Selain itu juga ingin mengetahui modal atau motivasi apa yang harus pengelola miliki untuk dapat mendirikan usaha tersebut.
C.    Manfaat
Dengan pengadaan observasi ini maka penulis mendapatkan manfaat yang dapat digunakan, seperti penjelasan-penjelasan dari pengelola warung tersebut maka penulis mendapatkan pengalaman baru apabila ingin melakukan usaha.



















3
BAB II
PERENCANAAN PEMASARAN

Target Pasar
            Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek , baik itu dari sisi harga , pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada konsumen. Saya akan mensurvei da meneliti pesaing-pesaing saya bagaimana caranya membuat soto ini agar berbeda dengan soto yang lainnya yang sudah beredar. Dengan seperti ini para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini. Target konsumen ini bisa di konsumsi untuk semua kalangan usia.
Promosi
            Promosi makanan ini adalah pada temapat ramai seperti sekolah , kampus kantor , itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Melakukan penjualan langsung , cara ini lumayan efektif karena langasung bertemu langsung dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang dijual.
Strategi
Strategi yang diambil Bapak Malik dalam pengelolaan usaha nya yaitu:
1)      Pelayanan yang baik kepada pembeli atau pelanggan
Dengan penggunaan pelayanan yang baik maka si pembeli akan merasa nyaman berada ditempat tersebut.
2)      Tidak merubah citra rasa yang telah ditetapkan apapun yang terjadi
Pemilik atau pengelola tidak pernah merubah rasa yang telah disukai oleh pelanggan, agar pelanggan atau [pembeli tidak berpindak tempat dan terus menyukai masakan tersebut.
4
9 ASPEK TEKNIS KEWIRAUSAHAAN
1.      Peluang Usaha Baru
Awalnya Bapak Malik hanya membantu saudaranya menjual nasi goreng.Setaiap hari ia berkeliling kampong bejualan nasi goreng , hingga akhirnya ia memutuskan untuk membuat usahanya sendiri.
2.      Pembiayaan
Modal awal yang harus dikeluarkan untuk mengelola sebuah warung makan soto tersebut, Beliau telah memperkirakan kurang lebih sekitar 2 jutaan termasuk pembelian barang-barang atau alat-alat yang telah digunakan untuk usaha tersebut. Beliau telah menjadikan modal awal sebagai patokan untuk mengembangkan usahanya.

3.      Pemasaran :
Produk                        : Bapak Malik menjaul daganganya “soto” seharga Rp 3.000
Place                : Ia memasarkannya dengan membuka lapak kecil di tempat tinggalnya
Promotion       : Karena ia membuka lapak , ia hanya memasarkan hanya di tempat.
4.      Kepemilikan
Usaha yang ia bangun ini milik sendiri.
5.      Sumber Daya Manusia.
Ia memiliki pegawai yang tidak terlalu banyak , yaitu 2 orang.
6.      Organisasi
Tidak memiliki organisasi karena tergolong usaha sendiri.
7.      Kepemimpinan
Ia memimpin dan terjun langsung untuk mengawasi usahanya sendiri.
8.      Evaluasi Usaha
Hasil dari usahanya ia bisa membeli sepeda motor.
9.      Pengembangan Usaha
Dahulu sebelum usaha Bapak Malik maju seperti saat ini , Bapak Malik membantu usaha saudarnya yang berjualan Nasi Goreng keliling. Setelah lama Bapak Malik membantu saudaranya , ia memutuskan membuka usaha sendiri dengan modal yang ia punya.

5
BAB III
PERENCANAAN BISNIS
ESTIMASI BIAYA
Dalam berwirausaha tujuan yang paling utama ialah memperoleh keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada apa yang kita hasilkan dan bagaimana cara menjual produk dengan membutuhkan bahan baku yaitu Daging Sapi , Daging Ayam , Kecambah Selederi , Bumbu Soto , Beras.Dalam proses pembuatannya juga saya membutuhkan 2 orang sebagai tenaga kerja untuk membantu saya dalam proses produksi soto ini.
Adapun harga-harga dari bahan-bahan pembuatan soto dan biaya-biaya yang akan keluar dalam proses produksi soto ini yaitu :
( Awal perencanaan pembukaan warung makan soto )
v  Perbaikan warung                         : Rp 200.000,00
v  Pembelian alat-alat:
-           Reparasi                                 : Rp 500.000,00
-           mangkok+sendok                   : Rp 300.000,00
-           meja+kursi                              : Rp 350.000,00
-           Tempat soto                           : Rp 150.000,00
-           Gelas                                      : Rp 100.000,00
-          Lain-lain                                  : Rp 200.000,00
Jumlah                                           Rp 1.800.000,00
( Biaya  yang dikeluarkan untuk setiap harinya untuk penjualan soto )
v  Pembelian bahan-bahan:
-          Daging sapi                             : Rp 15.000,00
-          Daging ayam kampung           : Rp 10.000,00
-          Kecambah+ seledri                 : Rp   4.000,00
-          Bumbu soto+bumbu yang lain: Rp   5.000,00
-          Beras                                       : Rp 16.000,00
-         
+
 
Lain-lain                                  : Rp 10.000,00
Jumlah                                             Rp 60.000,00
Ø  Maka modal/ bulan                                   : Rp 1.800.000,00
6
( Pendapatan rata-rata setiap harinya untuk penjualan soto )
v  Untuk @ mangkok soto                : Rp 3000,00
Untuk setiap harinya Beliau telah menjual 20-30 mangkok, diperkirakan sekitar Rp 75.000,00 yang telah didapatkan Beliau setiap harinya.
Ø  Pendapatan / bulan                                    : Rp 2.250.000,00
Maka dapat disimpulakan bahwa pendapatan Beliau selama satu bulan atau laba yang diperolehnya sekitar Rp 450.000,00























7

BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan

            Dari wawancara yang telah dilakukan penulis maka dapat disimpulkan bahwa wirausaha tidak harus memerlukan modal yang banyak. Dari usaha kecilpun apabila seseorang tersebut mempunyai jiwa telaten dan sabar maka akan menjadi bisnis yang baik. Soto adalah salah satu dari makanan  yang beliau jual di warung tersebut. Sedikit demi sedikit beliau telah menjelaskan cara pembuatan soto tersebut.
            Usaha akan terus maju apabila di dalamnya ada kesabaran dan kejujuran yang selalu ditanamkan oleh pengelola warung tersebut. Sehingga dengan mudah warung tersebut akan diterima oleh masyarakat. Tidak harus dengan keuntungan yang banyak tetapi akan lebih baik seikit demi sedikit asalkan dapat terus berjalan  hingga menuju kesuksesan nantinya.














8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar